Menu

Mode Gelap

Budaya WIB

Mengenal Haul Syekh Ahmad Mutamakkin Kajen Pati


					Mengenal Haul Syekh Ahmad Mutamakkin Kajen Pati Perbesar

Haul Syekh Ahmad Mutamakkin atau yang biasa disebut Haul Mbah Mutamakkin adlah tradisi tahunan yang digelar rutin oleh masyarakat Kajen untuk mengenang Mbah Mutamakkin sebagai simbol dakwah di daerah santri tersebut. Haul Syekh Ahmad Mutamakkin dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram / Suro di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati.

Dalam peringatan itu terdapat rangkaian kegiatan yang positif dilakukan oleh masyarakat. Selain dalam bidang keagamaan yang berisi ragam kegiatan bernuansa religi sesuai citra desa Kajen sebagai desa santri, ada beberapa acara lain yang seperti hiburan dan perlombaan.

Untuk kegiatan keagamaan meliputi Tahtimul Qur’an Bin-Nadhor dan Bil-Ghoib, tahlil umum, burdahan, Sholawatan dan kegiatan buka dan lelang selambu di makam Syekh Ahmad Mutamakkin. Tahtimul Qur’an Bin-Nadhor merupakan pembacaan Quran sampai khatam (selesai) dengan cara membaca atau melihat, sedangkan ahtimul Qur’an Bil-Ghoib dilakukan secara haafalan oleh para huffadz (penghafal al’Quran.
Sedangkan kegiatan lain untuk memeriahkan rangkaian peringatan haul biasanya diselenggarakan kirab, jalan sehat, pertandingan voli, panjat pinang. Sebenarnya kegiatan-kegiatan tersebut fleksibel yang dapat berubah dalam setiap tahunnya. Masyarakat Kajen pun merasa bahwa haul adalah tradisi yang mirip dengan hari rayanya desa Kajen.
Tradisi Haul Syekh Ahmad Mutamakkin sudah berlangsung sejak lama. Selain menjadi bagian dari syiar agama, tradisi tersebut juga turut meningkatkan perekonomian warga sekitar, bahkan pedagang musiman dari luar daerah. Hal ini karena beberapa penduduk setempat biasanya memanfaatkan kegiatan tersebut untuk membuka jasa parkir, berjualan, sewa toilet umum, dll.
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Buat Pecinta Grasstrack dan Motocross, Ada Kejurda di Kedumulyo Sukolilo Pati

4 December 2023 - 08:37 WIB

Kabupaten Pati Dilanda Panas Ekstrem dan Kekurangan Air Bersih

1 December 2023 - 08:38 WIB

Mahasiswa Ipmafa Dibekali Edukasi Praktek Membatik di Bakaran Juwana

22 November 2023 - 08:13 WIB

Kiai Anshori Kajen, Pejuang Dakwah di Tanah Papua

20 November 2023 - 03:10 WIB

Mengenal Masjid Sabilal Huda Kembang

16 November 2023 - 07:15 WIB

Sembilan Pedoman Berpolitik Warga NU

15 November 2023 - 22:38 WIB

Trending di Budaya