Menu

Mode Gelap

Berita WIB

Fakta Desa Pekalongan Winong Sebagai Desa Pendidikan


					Fakta Desa Pekalongan Winong Sebagai Desa Pendidikan Perbesar

FaktaDaerah.Com- Desa Pekalongan adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Desa Pekalongan adalah desa yang mendapat julukan sebagai desa pendidikan di Kabupaten Pati. Oleh karena itu, Desa Pekalongan telah memberikan sejarah tersendiri bagi dunia pendidikan di Kabupaten Pati. Banyak prestasi yang telah diukir oleh para siswa dari berbagai lembaga pendidikan yang berdiri di Desa Pekalongan. Prestasi-prestasi yang diraih juga tak tertandingi oleh lembaga pendidikan yang berada di perkotaan. Prestasi tersebut tentu juga mengharumkan nama kabupaten Pati, dan terkhusus untuk Desa Pekalongan itu sendiri.

Fakta Desa Pekalongan-Kabupaten Pati, Jawa Tengah

Berikut adalah 5 fakta Desa Pekalongan sebagai Desa Pendidikan di Kabupaten Pati.

Terdapat 10 Lembaga Pendidikan di Desa Pekalongan

Sampai saat ini, di Desa Pekalongan telah berdiri 10 lembaga pendidikan, di antaranya ada dua lembaga pendidikan negeri dan yang lainnya lembaga pendidikan swasta.Meskipun hanya ada dua lembaga pendidikan negeri, tetapisemuanya sama-sama mengukirkan prestasi dan memiliki keunggulan yang tak tertandingi. Berikut adalah 10 lembaga pendidikan yang ada di Desa Pekalongan.

Yayasan Tarbiyatul Banin

Foto Gedung MTs. dan MA Tarbiyatul Banin


Lima dari lembaga pendidikan tersebut antara lain berasal dari satu yayasan Islam, yaitu Yayasan Tarbiyatul Banin yang terdiri dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), RA (Raudatul Athfal), MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTs (Madrasah Tsanawiyah), dan MA (Madrasah Aliyah).

SD Negeri Pekalongan

SD Negeri Pekalongan ini berdiri bersama Taman Kanak-Kanak, yang juga merupakan salah satu lembaga pendidikan di Desa Pekalongan.

MTs. Negeri 1 Pati

Lembaga pendidikan inilah yang semakin menonjolkan bahwa Desa Pekalongan memang pantas untuk mendapat julukan sebagai desa pendidikan. MTs. Negeri ini awalnya bernama MTs. Negeri 1 Winong, tetapi seiring dengan perkembangan dan kemajuan serta prestasi-prestasi yang telah diukir oleh sekolah tersebut, menjadikan sekolah tersebut semakin disoroti oleh Pemerintah Kabupaten Pati. Sehingga mulai tanggal 15 Maret 2016, sekolah tersebut berubah nama menjadi MTs. Negeri 1 Pati.

MA PPKP Darul Ma’la

 

Foto Gedung MA PPKP Darul Ma’la

 

 

MA PPKP Darul Ma’la atau yang biasa disebut MA Darma oleh warga setempat, merupakan salah satu dari dua Madrasah Aliyah yang ada di Desa Pekalongan.

SMK Al-Falah Winong

 

SMK Al-Falah Winong merupakan satu-satunya sekolah kejuruan yang ada di Desa Pekalongan. Semakin hari, SMK ini semakin maju dan menjadi SMK terfavorit warga Kecamatan Winong dan kecamatan sekitarnya.

Banyak Prestasi dari Para Siswa yang Berasal dari Lembaga Pendidikan di Desa Pekalongan

Prestasi putra-putri yang berasal dari lembaga pendidikan di Desa Pekalongan telah membawa nama harum Kabupaten Pati dan lebih terkhusus pada Desa Pekalongan itu sendiri. Berbagai prestasi dari tingkat kabupaten, provinsi, serta nasional telah diukir oleh siswa-siswi yang berasal dari lembaga pendidikan di Desa Pekalongan.

Mengikutsertakan Para Pelajar dalam Acara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Pati

Acara lomba desa yang diadakan oleh pemerintah Kabupaten Pati ini adalah “Program Evaluasi Perkembangan Penyelenggaraan Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan”. Acara lomba desa diselenggarakan pada tanggal 25 April 2017. Dalam perlombaan ini, panitia Desa Pekalongan mengikutsertakan para pelajar untuk terjun langsung dan memeriahkan lomba tersebut.

Para siswa dengan didampingi oleh guru dari masing-masing sekolah, mereka dibagi ke dalam beberapa kawasan, dan mereka berdiri di sepanjang jalan Desa Pekalongan untuk menyambut kedatangan Bupati Pati, Bapak H. Haryanto. Sebagian dari mereka juga memberikan sambutan dengan kesenian dari masing-masing sekolah. Misalnya dengan menampilkan parade marcing band. Berikut ini beberapa foto kemeriahan lomba desa di Desa Pekalongan.

Mengikutsertakan Para Pelajar dalam Acara Tahunan Desa Pekalongan

Setiap setahun sekali, warga Desa Pekalongan mengadakan karnaval dalam rangka sedekah bumi Desa Pekalongan. Selain warga Desa Pekalongan, acara ini juga melibatkan para pelajar dari berbagai lembaga pendidikan yang berada di Desa Pekalongan. Para pelajar dan warga setempat melaksanakan karnaval dengan berjalan kaki mengelilingi Desa Pekalongan sampai ke pusat kecamatan.

Dalam acara ini, para pelajar tidak kalah semangatnya dengan warga setempat, mereka juga menampilkan kesenian-kesenian yang bisa mereka tampilakan. Misalnya dengan melakukan parade marching band, pemakaian pakaian adat, pakaian sesuai cita-cita mereka, pakaian paskibra, pakaian pencak silat, dan lain sebagainya.

Senantiasa Mengasah Bakat Para Pelajar Desa Pekalongan

Segenap perangkat Desa Pekalongan senantiasa memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk mengasah bakat yang dimiliki. Salah satu kegiatan yang disusun dan mendapatkan antusiasme dari para pelajar yaitu acara pentas seni. Dalam pentas seni tersebut, para pelajar mewakili masing-masing sekolahnya dan menunjukkan penampilan sesuai dengan bakat yang mereka miliki. Misalnya seperti tari saman, pencak silat, rebana, grub band, membaca puisi, tari tradisional, tari modern, dan masih banyak lagi.

Demikinalah tulisan mengenai Desa Pekalongan dan 5 FAKTA sebagai Desa Pendidikan di Kabupaten Pati. Adapun penulis dalam artikel ini adalah Dwi Putri Restuti yang saat ini menjadi Mahasiswi Semester 1

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Viral Kyai Aniq Muhammadun Pondowan Hadiri Halaqoh Ulama Pantura Dukung Pasangan Amin

29 December 2023 - 02:18 WIB

Buat Pecinta Grasstrack dan Motocross, Ada Kejurda di Kedumulyo Sukolilo Pati

4 December 2023 - 08:37 WIB

Kabupaten Pati Dilanda Panas Ekstrem dan Kekurangan Air Bersih

1 December 2023 - 08:38 WIB

Mahasiswa Ipmafa Dibekali Edukasi Praktek Membatik di Bakaran Juwana

22 November 2023 - 08:13 WIB

Mengenal Masjid Sabilal Huda Kembang

16 November 2023 - 07:15 WIB

Jaga Netralitas, Caleg PPP Ini Mengundurkan Diri Dari Ketua LAZISNU Pati

16 November 2023 - 06:48 WIB

Trending di Berita